Rabu, 08 Juni 2011

Beri bendera pesan ini Penawaran Kursus Jurnalisme Sastrawi XIX

Dengan hormat,


Dalam kesempatan ini saya menyampaikan kepada Anda bahwa pada 4 – 15 Juli 2011, Pantau akan menggelar kursus Jurnalisme Sastrawi Angkatan XIX. Kursus ini akan berlangsung selama dua minggu di Jakarta.

The New Journalism. Ia mengawinkan disiplin paling keras dalam jurnalisme dengan daya pikat sastra. Ibarat novel tapi faktual. Gerakan ini dimunculkan Tom Wolfe pada 1973 di New York.

Genre ini kemudian dikenal dengan nama literary journalism atau narrative reporting. Suratkabar-suratkabar Amerika banyak memakai elemennya ketika kecepatan televisi dan dotcom memaksa mereka tampil dengan laporan-laporan yang analitis dan mendalam. Suratkabar tak mungkin bersaing cepat dengan televisi.

Pantau mulai mengadakan kursus ini tahun 2001. Total, Pantau sudah mengadakan 18 kali kursus. Peserta datang dari berbagai kota, dari Banda Aceh hingga Jayapura. Alumninya, kini mulai bermunculan. Ada yang menulis buku. Ada yang jadi pemimpin redaksi. Ada yang sekolah lanjut.

Kursus ini akan diampu oleh Janet Steele, Profesor dari George Washington University, spesialisasi sejarah media, mengajar mata kuliah narrative journalism. Menulis buku The Sun Shines for All: Journalism and Ideology in the Life of Charles A. Dana dan Wars Within: The Story of Tempo, an Independent Magazine in Soeharto’s Indonesia, yang ahlibahahaskan oleh Arif Zulkifli dan diterbitkan oleh P.T. Dian Rakyat tahun 2007. Juga menulis tentang jurnalisme di Timor Leste dan Malaysia.

Andreas Harsono, wartawan feature service Pantau, anggota International Consortium of Investigative Journalists, mendapatkan Nieman Fellowship di Universitas Harvard. Menyunting buku Jurnalisme Sastrawi: Antologi Liputan Mendalam dan Memikat. Kini menyelesaikan buku From Sabang to Merauke: Debunking the Myth of Indonesian Nationalism, membahas hubungan media dengan kekerasan etnik, agama dan nasionalisme di Indonesia dan Timor Lorosae.

Instruktur tamu, Wilson -- Sejarahwan, aktivis HAM, dan penulis. Sering menulis di berbagai media nasional, jurnal ilmiah, dan terbitan LSM. Peraih Michele Turner Award dari East Timor Relief Association (ETRA), Australia, November 1998 untuk katagori Esai Terbaik. Menerbitkan sejumlah buku. Karya terbarunya: “A Luta Continua” tentang gerakan pembebasan Timor Leste.

Kami bermaksud menawarkan kepada Anda, untuk mengirimkan perwakilan, staf atau siapa saja dari perusahaan Anda yang tertarik mengikuti kursus ini. Kursus ini dibatasi maksimal 16 orang untuk memudahkan lalulintas ide dan para peserta mendapat perhatian maksimal.

Demikian penawaran ini kami sampaikan, bila ada hal-hal yang ingin ditanyakan, dengan senang hati kami meluangkan waktu menjawabnya. Kami sangat berterimakasih jika penawaran ini bisa diinformasikan pada rekan-rekan di lembaga Anda yang lain. Atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih.


Jakarta, 8 Juni 2011

Hormat kami,



Siti Nurrofiqoh
Program Officer
P a n t a u
Jl. Raya Kebayoran Lama
No 18 CD Jakarta Selatan 12220
Telp/Fax. 021 722-1031/021- 7221055
Website. www.pantau.or. Id
http://sitinurrofiqoh.blogspot.com
Mobile. 0813 82 460 455

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.