Rabu, 10 April 2013

Facebook FanPage Cover Tips

Kebiasaan saya membaca peraturan facebook (facebook terms) kali ini
membuahkan hasil yang membahagiakan. Kalau biasanya menemukan berbagai
larangan, kali ini saya menemukan klausul “bukan larangan” yang sangat
menguntungkan bagi FanPage Bisnis.

Rupanya saat ini Facebook sudah membolehkan penggunaan call to action di
cover photo, yang mana di peraturan sebelumnya haram digunakan. Facebook
terms <https://www.facebook.com/page_guidelines.php> terbaru ini di update
terakhir tanggal 6 Maret 2013. Rupanya facebook *diam diam* menghapus pasal
yang menyatakan larangan call to action, pencantuman no telp dan nama
website pada cover photo. Artinya sekarang ini diperbolehkan.

Berikut isi peraturan terbaru soal cover photo:

*“All covers are public. This means that anyone who visits your Page will
be able to see your cover. Covers can’t be deceptive, misleading, or
infringe on anyone else’s copyright. You may not encourage people to upload
your cover to their personal timelines. Covers may not include images with
more than 20% text.”*

Pasal terbaru ini jauh lebih sederhana jika dibandingkan pasal yang lama,
bisa dilihat kalau peraturan terdahulu seperti ini:

- *Price or purchase information, such as “40% off” or “Download it at
our website.”*
- *Contact information of any sort, like a website address or email
address, or information that should go in your Page’s “About” section.*
- *References to Facebook features or actions, such as “Like” or
“Share,” or an arrow pointing from the cover photo to any of these features.
*
- *Calls-to-action, such as “Get it now” or “Tell your friends.”*
- *Covers must not be false, deceptive, or misleading, and must not
infringe on third parties’ intellectual property.*

Jadi dengan perubahan ini, maka kita selaku pemilik bisnis bisa lebih
leluasa melakukan perubahan pada cover photo fanpage bisnis kita. Yang
pasti “dirindukan” oleh para pemilik toko online adalah mencantumkan *no
telepon, pin bb dan alamat website* di Cover photo dari fanpagenya. Yesss..
Sekarang kita bisa mencantumkannya.. dan Legal Kawan!

Satu satunya batasan yang harus dicermati adalah adanya klausul *tidak
boleh lebih* 20% teks pada cover photo. Diluar itu, perubahan peraturan ini
sangat menguntungkan. Karena Cover photo terletak di bagian “above the
line”, posisi utama yang pasti di liat oleh setiap FB user yang mengunjungi
Fanpage kita. Sangat menguntungkan ketika setiap fans kita bisa melihat
dengan jelas alamat website toko online kita. Leads will come to your
business…

*Age Restriction *
Beberapa sahabat UKM mengeluh kalau fan page bisnis mereka berisikan fans
yang masuk dalam kategori "alay." Terlepas darimana datangnya alayer alayer
tersebut, apakah secara oganic, dari jasa like yang digunakan atau dari
sumber sumber lain. Yang jelas, bagi pemilik UKM dengan produk tertentu,
alayers bukanlah target market bisnis mereka. Bahkan kehadiran para alay
alay ini di fanpage cenderung mengganggu.

Nah daripada kita repot mem-block atau mem-banned satu persatu. Lebih baik
kita gunakan fitur yang ada di FanPage ..
Fitur ini namanya Age Restriction. Fitur fanpage ini memberikan pilihan
pada kita untuk membatasi umur minimal Fans yang dapat melihat fanpage
kita. Setting standar adalah 13 tahun keatas.

Pilihan yang tersedia adalah 13+, 17+,18+,19+, dan 21+ . Jadi jika kita
memilih misal 18+ tahun keatas.
Maka fanpage kita tidak akan bisa dibuka, dicari, dilihat di newsfeed, oleh
FB user yang 18 tahun kebawah.
sebagaimana kita ketahui bahwa alay alay ini biasaya umurnya 18 tahun
kebawah..
Jadi dengan mensetting Age Restriction yang tepat, anda bisa melindungi
Anda dari Mereka..

Catatan: tidak semua FB user berumur dibawah 17 tahun adalah Alay.
Selalu juga Sesuaikan dengan produk usaha Anda.

Anda juga bisa menyesuaikan setting umur, misal 21 tahun keatas, karena
mungkin disesuaikan dengan buying power target market Anda. Please note:
bahwa usia pengguna FB terbesar di range 18-24 tahun. Lalu posisi dua
adalah di range umur 25-34 tahun.
Dan juga jangan lupa bahwa Faktanya FB User 18 tahun, 19tahun atau 20 tahun
juga merupakan target market yang tepat untuk beberapa produk usaha
tertentu.

Untuk mengakses Opsi Age Restriction , bisa dilihat dari Admin Panel. Lalu
Pilih Edit Page > Edit Setting.
Cari menu Age Restiction. Dan pilih settingan Anda.

Tutorial bergambar bisa dibaca di blog : http://bit.ly/ZO09mj

Semoga tips sederhana ini bermanfaat.

Thanks
Fico Maulana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.