Jumat, 19 April 2013

Definisi apartemen

 Definisi apartemen adalah sebuah kompleks yang memiliki kesamaan dalam suatu bangunan yang terdiri dari beberapa ruangan yang di manfaatkan sebagai tempat tinggal sebagian masyarakat yang didalamnya terdapat beberapa bagian ruang yang tidak berdiri sendiri, sedangkan isi pasal UURS No. 16 tahun 1985 menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan apartemen adalah “Gedung bertingkat yang dibangun dalam suatu lingkungan, terbagi atas bagian- bagian yang distrukturkan secara fungsiaonal dalam arah vertikal dan horisontal dan merupakan satuan-satuan yang dapat dimiliki dan digunakan secara terpisah, yang dilengkapi dengan bagian bersama, tanah bersama dan benda bersama”

Definisi Apartemen, jenis dan bentuknya
Apartemen memiliki beberapa katagori, jika dilihat dari jenis dan besaran bangunannya, maka apartemen terbagi kedalam :

    Hige rise apartemen, yaitu suatu bangunan apartemen yang terdiri dari lebih sepuluh lantai. Apartemen jenis ini biasanya sudah dilengkapi dengan area parkir  bawah tanah, sistem keamanan dan full service. Apartemen jenis ini memiliki struktur yang lebih kompleks (padat) sehingga desain unit apartemen ini cenderung standar. Jenis apartemen hige rise ini banyak dibangun di pusat kota.
    Mid-Rise Apartemen, yaitu suatu bangunan apartemen yang terdiri dari tujuh sampai dengan sepuluh lantai. Jenis apartemen mid rise seperti ini lebih sering dibangun di kota-kota satelit.
    Low-Rise Apartemen, yaitu suatu Apartemen yang memiliki ketinggian kurang dari tujuh lantai dan konsepnya masih menggunakan tangga sebagai alat transportasi vertikal. Biasanya apartemen low rise ini untuk golongan menengah ke bawah.
    Walked_Up Apartemen, yaitu suatu bangunan apartemen yang terdiri dari tiga lantai sampai dengan enam lantai saja. Apartemen ini ada yang sudah menggunakan lift sebagai alat transportasi vertikal dan ada juga yang belum memakainya. Jenis apartemen walked up ini cenderung lebih disukai oleh keluarga besar.
    Garden Apartemen, yaitu suatu bangunan apartemen dua sampai empat lantai saja. Apartemen ini biasanya memiliki beberapa halaman dan taman-taman disekitar bangunannya. Apartemen ini cenderung sangat cocok bagi keluarga inti yang memiliki anak kecil karena anak-anak dapat dengan mudah mencapai ke taman. Apartemen garden ini biasanya untuk golongan menengah ke atas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.