Sabtu, 25 Februari 2012

Atasi Blackburn, City Kokoh di Puncak

Manchester City sempat mengalami penurunan performa beberapa waktu lalu. Tapi kini The Citizens sudah menemukan performanya kembali dan siap mempertahankan hingga akhir musim.

Hingga bulan Desember lalu, City masih mempertahankan rekor tak terkalahkannya dan unggul enam angka dari pesaing terdekatnya Manchester United. Sampai akhirnya kekalahan dari Chelsea mengawali masa-masa sulit City.

Diawali tersingkir dari Liga Champions lalu penampilan naik turun di liga dengan menderita kekalahan lagi dari Sunderland serta Everton. Sudah begitu badai cedera sempat menghantamnya.

Di awal tahun mereka harus tersingkir dari Piala FA, turnamen yang mereka menangi musim lalu serta kalah dari Liverpool di semifinal Piala Liga Inggris. Hal inilah kemudian yang bikin City mulai diragukan bakal bisa melalui tekanan menuju titel Liga Inggris.

MU bahkan sempat menyamai nilai mereka dan merebut puncak klasemen. Tapi itu kemarin dan saat ini City seperti sudah kembali pada penampilan mereka di awal musim.

Tiga kemenangan di tiga laga terakhir plus lolos ke babak 16 besar Liga Europa diyakini telah membuat mental serta semangat para pemain City meningkat. Kini City sudah unggul lima poin atas MU berkat kemenangan 3-0 atas Blackburn Rovers dinihari WIB tadi.

"Kami sepertinya sudah menemukan performa kami kembali," ujar kapten tim, Vincent Kompany, seperti dilansir BBC.

"Mereka sangat terorganisir dan sangat sulit bagi kami untuk menembusnya. Tapi kemudian kami mendapat gol pertama dan segalanya jadi lebih mudah," sambungnya.

"Tidak ada laga yang mudah dan kami harus tampil seperti ini setiap pekannya untuk bisa memenangi liga," tuntasnya.

Bermain di ribuan fans fanatiknya, City memperagakan permainan menyerang sejak menit pertama. Bahkan tuan rumah bisa saja unggul cepat andai tendangan jarak dekat Mario Balotelli tidak sigap diantisipasi oleh kiper Blackburn, Paul Robinson.

Tampil apik dengan mendominasi jalannya pertandingan, The Citizen konsisten mengurung pertahanan Blackburn. Kombinasi serangan yang dimotori oleh David Silva dan Adam Johnson hampir saja membawa City unggul jika Robinson tidak tampil gemilang mengawal gawangnya.

Manchester City akhirnya memecah kebuntuan di menit ke-30 dengan memimpin melalui kaki Mario Balotelli. Memanfaatkan serangan balik kilat, Kolarov yang sudah berlari di sisi kiri pertahanan Blackburn berhasil mengontrol bola untuk kemudian dilanjutkan dengan umpan silang mendatar kepada Balotelli. Balo yang berada di mulut gawang tanpa kesulitan melepas tendangan voli menjebol gawang Paul Robinson.

Di sisa waktu babak pertama, City menciptakan beberapa peluang yang sayangnya tidak bisa mereka maksimalkan menjadi sebuah gol. Skor 1-0 bertahan hingga jeda turun minum babak pertama.

Memasuki babak kedua City tak juga mengendurkan serangan mereka. Hasilnya, Sergio Aguero mampu menambah keunggulan di menit ke-52. Kesalahan Robinson mengantisipasi bola sepak pojok David Silva membuat Aguero dengan mudah melepaskan tendangan kaki kanan menembus jala Blackburn.

Unggul 2 gol membuat Roberto Mancini mengistirahatkan beberapa pemainnya. Johnson ditarik keluar untuk digantikan David Pizarro dan Edin Dzeko masuk menggantikan Mario Balotelli yang mulai tampak kelelahan.

Memasuki 10 menit akhir babak kedua, City kembali menambah keunggulannya melalui kepala Edin Dzeko. Umpan silang Aleksandar Kolarov dimaksimalkan dengan baik oleh Dzeko untuk menanduk bola melewati penjagaan Robinson.

Setelah unggul tiga gol, City sedikit menurunkan tekanannya sehingga memberikan ruang bagi Blackburn untuk melakukan serangan. Namun tidak ada gol tambahan yang terjadi dan skor 3-0 bertahan hingga wasit meniup peluit panjang.

Hasil ini membuat Manchester City semakin kokoh memimpin klasemen Liga Premier Inggris dengan keunggulan 5 poin dari Manchester United yang masih menyimpan satu pertandingan. Sementara Blackburn masih terjerembab di zona merah dengan koleksi 21 poin.

Starter Kedua Tim:
Manchester City: Joe Hart; Lescott, Kompany, Kolarov, Zabaleta; Yaya Toure, De Jong, Silva, Johnson; Balotelli, Aguero.

Blackburn Rovers: Paul Robinson; Hanley, Dann, Olsson, Bradley Orr; Pedersen, Formica, Petrovic, Olsson; Hoilett; Aiyegbeni.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.