Rabu, 07 Desember 2011

Profil Pengusaha Trialiati Gunamertha ( Lita Mucharom), Founder PT Estetika Selaras


Trialiati Gunamertha atau biasa dipanggil Lita Mucharom mengawali karir sebagai profesional semenjak dibangku kuliah pada tahun 1990. Sesuai dengan pencapaian nilai akademiknya yang sangat bagus dan aktifitas Lita dikampus yang sangat padat, Lita sudah dipercaya untuk menjadi wakil dosen dalam laboratorium tes material dan juga aktif bekerja paruh waktu sebagai Reporter majalah kampus, reporter Radio dan juga Master of Ceremony (MC). Pada saat di bangku kuliah, Lita menerima beberapa penghargaan diantaranya : Mahasiswa Berprestasi tingkat nasional, Pemenang Lomba Karya Inofatif Produktif tingkat nasional dan sempat mewakili universitas dalam kegiatan "Friendship Program for the 21st century" yang diselenggarakan JICA di Jepang. Setelah lulus sebagai Insinyur Mesin dari Universitas Brawijaya Malang tahun 1992, Lita mendapat tawaran pekerjaan oleh Dekan fakultas Teknik untuk menjadi konsultan teknik mesin pada beberapa pembangkit tenaga listrik di Indonesia.

Seiring dengan jiwanya energik dan kebutuhan berinteraksi dengan lebih banyak orang, Lita memutuskan untuk merubah jalur karirnya sebagai Business Representative pada sebuah perusahaan Teknologi Informatika (IT) dan menangani banyak klien asing terutama di Industri Manufacturing yaitu sesuai dengan ilmu yang diperoleh sebagai Insyinyur Mesin. Karena kegigihan dan kemauan yang besar, Lita beberapa kali meraih penghargaan atas tercapainya quota penjualan yang ditargetkan padanya.


Pada tahun 1996, Lita bergabung dengan Perusahaan Telekomunikasi multinasional dan memulai karirnya sebagai praktisi Pengembangan Sumber Daya Manusia. Banyak hal-hal berarti yang diraih oleh Lita sehingga Lita di promosikan pada usia 28 tahun sebagai Manager Pusat Pelatihan terbesar se-Asia Tenggara yang dimiliki oleh perusahaan tersebut. Lita sempat mengundurkan diri ketika itu untuk membantu suami membesarkan PT Estetika Eslaras selama 3 tahun, namun karena belum cukup bekal pengetahuan bisnis maka usahanya ketika itu belum berhasil. Berbekal kompetensi yang cukup, Lita kembali dilamar oleh sebuah Perusahaan berkantor pusat di Singapore untuk bergabung sebagai Konsultan bidang Sumber Daya Manusia dan melanjutkan karir yang sama pada sebuah Yayasan Non-profit Internasional. Lita sangat menjiwai pekerjaan sebagai praktisi pengelola Sumber Daya Manusia dan hasil karyanya berupa Implementasi "Talent Management" dalam waktu singkat diakui di tingkat NGO Internasional sebagai teladan dan banyak lagi pencapaian professional yang dicapai seperti : Implementasi sistem kompensasi berbasis kompetensi, perubahan paradigma kepegawaian NGO, implementasi pengelolaan kinerja, dan sebagainya.

Lita memiliki keyakinan bahwa sebuah organisasi akan mampu membangun nilai daya saing nya melalui pengelolaan sumberdaya manusia sebagai mesin utama penggerak bisnis dan perusahaan yang memfokuskan diri pada kompetensi inti akan lebih unggul. Hal inilah yang membawa Lita untuk membangun bisnis baru sebagai bagian dari PT Estetika Selaras (www.eslaras.com) yang sudah dibangun bersama suaminya sejak tahun 1996. Lita nekat untuk keluar kerja walaupun karirnya pada saat itu sedang berada di puncak untuk mengaktualisasikan diri dan membuktikan kompetensi yang dimilikinya. Akhirnya jerih payah Lita dapat menghantarkan PT Estetika Selaras keluar dari ancaman kebangkrutan di tahun 2006 dan dalam 3 tahun Lita mampu menggandakan pendapatan usaha menjadi 3000% lebih. PT Estetika saat ini mengelola sekitar 600 karyawan diantaranya karyawan inti dan karyawan alih daya. PT Estetika Selaras memiliki perwakilan di beberapa kota di Indonesia diantaranya : Jambi, Cepu, Balikpapan, Bali, Surabaya dan Sorong. Rupanya keberhasilan ini dihargai Ernst & Young dan Lita masuk sebagai finalis penerima penghargaan "Entrepreneurial Winning Women" pada tahun 2010. Namun dalam waktu dekat, Lita masih memiliki mimpi-mimpi lain seperti memperkenalkan jasa Outsourcing untuk proses bisnis non inti berbasis Teknologi Informasi dan Telekomunikasi bersama beberapa rekan lainnya.

Lita masih menikmati kerja barengnya bersama sang suami Eri Sudarji Laksmono dan juga menjalankan beberapa bisnis lainnya. Lita berusaha menjadi Ibu yang baik bagi anak-anaknya yang sudah mulai beranjak remaja : Aisha Auliana Marietta, Annisa Azharia Ramadhana dan Muhammad Jibrail Jannata. Dan membangun mimpi bersama keluarga agar Selaras Group dapat diwarikan pada generasi berikutnya. Untuk itu Lita sudah mulai ancang-ancang menyusun program suksesi untuk Putera Puterinya sejak dini.

Email : office@eslaras.com

Website : www.eslaras.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.