baca versi blog bergambar di http://bit.ly/18ot7RV
Joe girard = Terdaftar di "The Guinness Book of World Records" selama 12
tahun berturut-turut sebagai salesman mobil. Hingga tiap sabtu pagi
ratusan orang akan datang ke dealer Joes Girards untuk membeli mobil.
Amazing!
Joe menjual rata-rata 6 mobil sehari-hari, sepanjang karirnya. Semua pada konsumen retail!
Apa rahasianya?
Pada dasarnya Joe membangun dan mempertahankan hubungan. Joe mengirim 13
kartu untuk semua prospek dan klien setiap tahun. Satu setiap bulan dan
satu untuk Natal. Ia menciptakan tempat bagi dirinya di otak prospek
dan klien agar tetap berhubungan. Joe memastikan bahwa dia dalam pikiran
pelanggan dan calon pelanggan ketika mereka harus membeli mobil.
Yuk kita bahas detail satu persatu.
Ingat segera catat dan implementasikan di bisnis kita masing-masing ya…
Rahasia 1. Menyambut Pelanggan
Ketika ada calon customer datang, Joe Girard berdiri dan menyambut dengan hangat.
Lalu bertanya bagaimana perjalanan si calon customer dan dia tunjukan perhatiannya.
Dia menyapa istri pelanggan dengan pujian yang manis.
Suami juga senang karena Joe juga memuji suaminya sebagai orang berbahagia.
Joe juga menyapa anaknya customer dengan berlutut.
Tentu hal ini membuat kesan mendalam sekali bagi pelanggannya.
Dia buat suasana sehingga "anak happy" dan "keluarga happy". everyone happy!
Rahasia 2. Mengirimkan Kartu Ucapan
Joe Girard selalu mengirimkan kartu ucapan terima kasih kepada customernya begitu telah terjadi transaksi penjualan.
Sekitar 2 hari kemudian, Customer menerima kartu ucapan terima kasih atas pembelian mobil dari Joe Girard.
Beliau selalu mengingat tanggal lahir konsumen, bahkan keluarga konsumen.
Minimal beliau mengirimkan kartu ucapan selamat ulang tahun, malah beberapa beliau beri hadiah ulang tahun.
Bukankah suatu perhatian yang fantastic?
Rahasia 3. Meyakinkan diri pelanggan
Ketika customer telah melakukan transaksi pembelian darinya, Joe Girard
selalu bertanya pada customernya "Mengapa ia membeli mobil darinya?".
Tentunya si customer akan menceritakan alasan – alasan positif.
Tujuan dari pertanyaan Joe Girard tadi adalah bukan untuk meyakinkan
dirinya, tetapi lebih untuk meyakinkan diri si pembeli bahwa
keputusannya adalah tepat dan tidak perlu lagi diragukan.
Perkataan yang keluar dari mulut si pembeli tentunya akan melegitimasi
keputusannya. Setiap customernya membeli mobil dengan rasa keyakinan
yang tinggi.
Tidak heran Joe selalu mendapatkan Repeat Order sekitar 80%.
Rahasia 4. Menelpon dan Memberikan Tips Kepada Pelanggan
Apakah Anda menelpon customer setelah beberapa hari dari waktu pembelian barang?
Umumnya tidak!!
Beda dengan Joe Girard, Ia menelpon beberapa hari kemudian kepada customernya.
Ia menanyakan keadaan customernya dan hal-hal yang berkaitan dengan pemakaian mobil barunya.
Joe Girard juga memberikan tips-tips seputar penggunaan mobil dan perawatannya dengan terperinci.
Setiap customer merasa diperhatikan sekali oleh Joe Girard, hal ini
tidak didapatkan dari salesman lain. Kelihatannya hal sepele, tetapi
membawa dampak yang fantastic!
Buktinya Joe Girard mendapatkan banyak repeat order dan tentu referensi!
Rahasia 5. Hadir dan Berfoto Bersama Customer Saat Mengirim Mobil
Tahukah Anda, bahwa saat yang berkesan bagi customer adalah saat
menerima produk yang dibelinya. Hal ini yang kadang kala tidak disadari
oleh seorang salesman.
Joe selalu meluangkan waktunya untuk hadir dalam acara serah terima mobil.
Ia membawa kamera instant dan mengabadikannya bersama keluarga customer.
Bayangkanlah foto Joe Girard yang ada di setiap album foto customernya,
bukankah ini menjadikan kesan mendalam bagi keluarga customer.
Teman dan tetangga customer selalu menanyakan, siapakah orang asing yang
berfoto di depan mobil baru. "oh itu adalah salesman otomotif saya.
Namanya Joe Girard. Asik sekali orang nya!" Tanpa disadari si customer
telah merefrensikan kepada teman dan tetangganya tentang profile Joe
Girard. Sudah pasti ketika mereka mempunyai kebutuhan sebuah mobil, nama
Joe Girard yang teringat di pikiran mereka. keren!!!
Rahasia 6. Menjadikan customernya sebagai salesman
Ini adalah teknik tertinggi dalam salesmanship. Joe Girard selalu
berpesan kepada customernya, jika mereka dapat memberikan referensi
kepadanya maka Joe Girard akan memberikan uang senilai US$ 25. Lagi-lagi
Ia menjalankan referral system.
Apakah Kita sebagai salesman pernah tanyakan kepada customer untuk mereferensikan?
Apakah customer Anda menceritakan hal baik tentang Anda?
Jika tidak, bagaimana Anda dapat order?
Joe Girard memang mengeluarkan uang untuk investasi tetapi hasilnya re-order dan referensi datang dengan sendirinya.
Rahasia 7. Menjalankan 6 rahasia di atas
Apakah anda masih berpikir rahasia mana yang dapat anda segera jalankan hari ini untuk meningkatkan bisnis kita?
Segera rencanakan, tulis dan eksekusi hari ini juga ya.
Jika anda pimpinan kerja, segera diskusikan 6 hal penting diatas pada
tim anda. Lakukan agar rahasia Joe ini bisa membantu bisnis kita.
Ayo lakukan…
Semoga bermanfaat di senin yang ceria ini...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.