Sabtu, 07 Januari 2012

Fakta menarik Halaman FB dengan Jutaan Fans

Adanya halaman Facebook dengan jutaan Fans itu nyata lho. Bahkan merk
merk ternama pun menggunakan Fans Page untuk menjalin ikatan dengan para
konsumennya.

Seperti janji saya sob, pada artikel sebelumnya, bahwa secara khusus
akan ditulis tentang Trilogi artikel seputar fans page. Nah ini adalah
bagian pertamanya. Semoga kita bisa dapat inspirasi ya dari halaman
halaman FB dengan jutaan fans dibawah ini. Mohon maaf, link tiap tiap
halaman FB yang dibahas pada artikel ini (yang dapat di klik langsung
pada sub judul) dan link tentang halaman FB paling top di Indonesia
hanya saya tampilkan di blog widisafari.com karena khawatir jadi seperti
iklan kalau ditampilkan link hidupnya jika tulisan ini tampil di milis
atau forum.

Berikut ini adalah 7 kisah singkat dibalik Halaman Facebook dari dalm
dan luar negeri dengan jutaan fans nya:

1. 7 Juta Fans dalam 7 menit

Hampir 7 juta pengguna facebook mengklik like pada halaman pribadi
pemain bola asal Agentina, Leo Messi. Fenomena itu terjadi hanya dalam
waktu 7 jam setelah Messi membuat Fans Page dengan namanya.

1. Fans Page Buatan Penggemar

C**a C**a memiliki halaman yang tampak resmi dibuat oleh perusahaan
pembuat minuman bersoda tersebut. Namun teryata itu bukan halaman resmi
yang sengaja dibuat oleh perusahaan. Fans Page yang kini memiliki jutaan
fans itu awalnya dibuat oleh dua orang penggemar C**a C**a, Dusty dan
Michael. Kedua orang tersebut kaget setelah C**a C**a menghubungi
mereka dan mengabari kalau Fans Page yang dibuatnya sudah memiiki
jutaan "Likes". Kini, Fans Page tersebut dikelola oleh C**a C**a
namun masih tetap melibatkan kedua orang tersebut untuk mengelolanya
bersam sama sebagai media penjalin ikatan dengan para konsumen.

1. Big Mac, Big Friends

Restoran cepat saji yang terkenal dengan produk Big Mac (Hamburger) ini
juga memiliki Fans Page dengan jutaan penggemar. Uniknya, selain sering
update voucher atau penawaran lainnya, halaman ini juga memberi
kesempatan kepada para fans untuk mengelola restaurant Mc*. Tapi Cuma
melalui fasilitas social game "City Ville" yang bisa dimainka
dan kalau sukses Mc* memberikan bonus lho buat fans yang bermain.

1. Klik Like Baru Tonton Aksi Seru

R** B*ll adalah perusahaan pembuat minuman bernergi yang punya cara
unik untuk "memaksa" calon fans untuk meng klik tombol like di
halaman FBnya yang kini sudah memiliki jutaan Fans. Dengan menjanjikan
dapat menonton berbagai video sport ekstrim dari berbagai Negara, R**
B*ll hanya minta kesetiaan anda jempol digital di tombol "like",
baru bisa tonton aksi seru nya.

1. Halaman Syuper

Siapa yang tidak kenal dengan Pak MT yang sering menyapa para pemirsanya
dengan sebutan sahabat syuper. Motivator yang sering tampil di televisi
ini memiliki jutaan fans di halaman FB nya. Bahkan setiap fanspage
diupdate dengan status syupernya, rata rata dibagikan lagi oleh 500 an
fans kepada friends mereka masing masing.

1. Fans Page Batik

Halaman FB B**k Indonesia adalah halaman FB dengan jutaan fans yang
memanfaatkan kampanye cinta produk Indonesia untuk menarik para Fans
nya. Berbagai corak batik khas tanah air di tampilkan dalam update
statusnya. Pada hakikatnya halaman ini berujung pada sebuah situs toko
online yang menjual berbagai pakian bercorak batik.

1. Wafer Coklat Pemanis Sang Bintang

Cho******s adalah wafer colat manis yang iklannya sering muncul di
televisi dengan bintang iklan NW. Rupanya halaman FB dengan jutaan fans
yang sering mengupdate status tentang masalah remaja, cinta, dan
persahabatan ini berefek juga pada sang bintang iklan. Fans Page NW
masuk dalam daftar Fans Page Indonesia yang memiliki Fans berjumlah
jutaan.

Sebetulnya masih banyak Fans Page yang kita bisa jadikan model. Tapi
intinya mah ada 3 landasan utama Fans Page sebelum nanti pada artikel
selanjutnya kita membahas tentang cara membuat Fans Page untuk Produk,
Jasa, atau Pribadi kita. 3 landasan utama Fans Page adalah:

1. Terkenal

Pada contoh Fans Page diatas, tiap produk atau tokoh pemilik Fans Page,
sebelum mereka membuat Fans Page memang sudah berjuang untuk terkenal.
Ingat kata "berjuang" nya ya bukan tiba tiba terkenal. Nah kita
pun bisa mengikuti jejaknya secara online atau offline. Secara Offline
mungkin kalau ada kesempatan publikasi di media massa boleh diambil juga
tuh. Nah kalo secara online selain dengan memiliki blog pribadi, toko
online, dll, salah satunya di FB adalah dengan cari teman sebanyak
banyaknya, jalin hubungan baik, dan sering berinteraksi melalui komentar
di status FB mereka. Ngomong ngomong, kita memang harus punya blog
pribadi/ toko online (bisa gratisan juga lho bikinnya) sebelum bikin
Fans Page. Karena Fans Page seperti aliran sungai yang nantinya
bermuara pada rumah kita yaitu blog atau toko online. Sekalian jaga jaga
kalau kalau sosial media yang kita tumpangi tersebut tiba tiba ditutup,
kan masih ada rumah kita.. . naudzubillahi min dzaalik dah... he he he.

1. Terarah

Pada Fans Page dengan jutaan Fans diatas, target pasar mereka cukup
jelas. Entah itu remaja, peminat sepakbola, pecinta produk tanah air,
dll. Perjelas target pasar/ niche (ceruk pasar) Anda atau Produk Anda!.

1. Terhubung

Berinteraksilah atau rangsang timbulnya komentar serta partisipasi dari
para fans. Berikan suatu content atau apapun yang dirasa bermanfaat dan
bermakna hingga dengan suksrela mereka membagikannnya di dinding masing
masing dan menciptakan fenomena viral marketing (ngomong satu tumbuh
seribu).

Sudah dulu yah, hatur thank you sudah membaca. Komentar Anda di Blog ini
akan sangat bermanfaat laksana lebah emas yang mengeluarkan madu
terbaik..( he he itu mah lebay jadinya bukan lebah)

oleh
Widi-Januari 2012

Sumber: widisafari.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.