Selasa, 12 April 2011

FESTIVAL FILM PELAJAR INDONESIA II

Rekan-rekan yang baik, berikut ini saya informasikan tentang penyelenggaraan Festival Film Pelajar Indonesia II - 2011.


FESTIVAL FILM PELAJAR INDONESIA II

Jakarta, 25 – 26 Juni 2011

Prolog

Festival Film Pelajar Indonesia merupakan program tahunan yang dirintis oleh Pusat Pengembangan Media Alternatif, Fakultas Film dan Televisi Institut Kesenian Jakarta sejak tahun 2010. Festival ini didedikasikan untuk komunitas dan karya film pelajar Indonesia, khususnya yang masih duduk di Sekolah Menengah Atas/Kejuruan/Madrasah Aliyah dan yang sederajat. Pada tahun 2010 lalu, festival ini diikuti oleh 169 karya dari berbagai sekolah dan daerah di Indonesia (http://filmpelajar.com/berita/daftar-peserta-ffpi-2010-update-19-mei-2010).



Pada penyelenggaraan perdana tahun lalu, festival ini menyajikan tema Indonesiaku Kebanggaanku. Karya-karya film fiksi, animasi, dokumenter, iklan layanan masyarakat dan video musik yang memiliki tema yang sama atau dekat dikirimkan ke panitia oleh para pelajar dengan antusias. Ratusan komentar diberikan melalui situs filmpelajar.com yang merupakan official website festival (http://filmpelajar.com/berita/festival-film-pelajar-indonesia-2010-tor). Hal ini membuktikan bahwa festival ini relatif mendapatkan sambutan cukup baik di kalangan komunitas film pelajar di Indonesia. Panitia memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh peserta atas partisipasi yang luar biasa ini.



Pada penyelenggaraan yang ke-2 di tahun 2011 ini panitia kembali membuka kesempatan bagi komunitas dan karya film pelajar di seluruh Indonesia untuk kembali berpartisipasi sebagai peserta. Panitia tidak menyajikan tema khusus mulai tahun ini untuk memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi kelahiran dan perkembangan bentuk dan gaya film peserta. Mari kita sambut bersama Festival Film Pelajar Indonesia II di tahun 2011 ini! Mari berkarya! :-)


Tujuan dan Manfaat

1. Menjadi ruang apresiasi dan ekshibisi hasil kreativitas pelajar Indonesia dibidang seni film.

2. Menumbuhkembangkan kepedulian berbagai pihak dalam mendukung dan membina komunitas dan karya film pelajar Indonesia.

3. Mendukung kemajuan dunia perfilman Indonesia.



Peserta

Pelajar Sekolah Menengah Atas/Kejuruan/Madrasah Aliyah serta yang sederajat se-Indonesia.


Kategori Karya

1. Fiksi (live action)

2. Animasi

3. Dokumenter

4. Iklan Layanan Masyarakat/ILM

5. Video Musik



Kriteria Karya

1. Durasi maksimal 10 (sepuluh) menit.

2. Tahun produksi/pembuatan Juni 2010 – Mei 2011.

3. Karya dibuat oleh individu atau kelompok, dalam satu sekolah yang sama atau berbeda, dan dikirimkan atas nama sekolah yang diikuti sutradara.

4. Tim produksi adalah pelajar aktif (dibuktikan dengan hasil scan kartu pelajar).

5. Apabila karya menggunakan dialog/narasi bahasa daerah, maka harus diberi subtitle bahasa Indonesia.

6. Tiap sekolah boleh mengirimkan lebih dari 1 (satu) karya.

7. Karya yang pernah mengikuti festival lain, boleh diikutsertakan.

8. Karya dikirimkan dalam bentuk DVD (PAL system) sejumlah 2 buah/copy, menggunakan cashing dengan ukuran 8 x 11 cm, sampul diberi cover design, paling lambat 1 Juni 2011 (cap pos).

9. Musik/lagu dan materi lainnya (foto, kliping, grafis, dll) yang digunakan dalam film tidak boleh menggunakan milik orang lain, kecuali ada ijin tertulis dari pembuatnya (yang diberikan surat kuasa).

10. Hak cipta karya menjadi milik peserta. Khusus untuk kepentingan publikasi festival, penyelenggara dapat menggunakan materi foto dan/atau video karya peserta, sebagian maupun utuh, khususnya untuk ditampilkan di situs FilmPelajar.com sebagai official website.

11. Karya dan kelengkapannya yang tidak sesuai dengan ketentuan akan didiskualifikasi.

12. Keputusan juri adalah mutlak, tidak bisa diganggu gugat.

13. Jika dikemudian hari didapatkan bukti bahwa karya pemenang diragukan keasliannya, maka penyelenggara berhak membatalkan dan menarik penghargaan yang sudah diberikan.



Dewan Juri

1. Pembuat Film Profesional

2. Perwakilan dari Fakultas Film dan Televisi Institut Kesenian Jakarta

3. Perwakilan dari Kementerian Pendidikan Nasional



Penghargaan

Masing-masing kategori akan dipilih 3 (tiga) nominasi terbaik dan kemudian ditentukan 1 (satu) pemenang. Total penghargaan yang akan diberikan adalah 5 (lima) jenis, yaitu kategori Film Fiksi (live action) Terbaik, Animasi Terbaik, Dokumenter Terbaik, Iklan Layanan Masyarakat/ILM Terbaik dan Video Musik Terbaik. Selain itu, Dewan Juri akan memilih seorang sutradara terbaik melalui penilaian karya dan wawancara langsung untuk diberikan penghargaan berupa beasiswa studi seni film S-1 secara penuh (8 semester) di Fakultas Film dan Televisi Institut Kesenian Jakarta.



Penyelenggara

Pusat Pengembangan Media Alternatif

Fakultas Film dan Televisi Institut Kesenian Jakarta

didukung oleh www.filmpelajar.com

Jl. Cikini Raya 73 Jakarta 10330

Telp. 021-3161258, 3156176 (Asih), Faks: 021-31923603




Epilog
Panitia penyelenggara Festival Film Pelajar Indonesia II dengan kesadaran penuh meyakini bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari kerja panjang apresiasi dan ekshibisi hasil kreativitas pelajar Indonesia dibidang seni film. Seperti penyelenggaraan tahun sebelumnya, proses yang akan dijalani masih sangat panjang dan memerlukan stamina dan asupan pikiran, tenaga dan biaya yang cukup baik dari para pengelola, peserta, sponsor, dan masyarakat umum. Pada saatnya nanti, akan terjadi tatanan yang ideal, dimana komunitas dan karya film pelajar menjadi bagian strategis dari dunia perfilman Indonesia. Pemahaman dan dukungan yang baik dari berbagai pihak dibutuhkan agar kegiatan ini terus hidup dan dihidupi dengan segala ikhtiar. Festival Film Pelajar Indonesia II ke depan akan menjadi bagian dari kerja-kerja pendidikan dan kebudayaan untuk mengokohkan kekuatan karakter bangsa Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.