Minggu, 30 Juni 2013

SENIOR RECRUITMENT

PT. Global Prime Service (GPS) bergerak di bidang penyedia tenaga kerja
membutuhkan segera kandidat yang berkompeten untuk posisi sebagai berikut :
SENIOR RECRUITMENT
Persyaratan :
1.      Pria
2.      Usia maks 35 tahun
3.      Pendidikan min S1 Psikologi
4.      Memiliki pengalaman dibidang recruitment & training
5.      Menguasai hukum Tenaga kerja, Mediasi & advokasi, HRIS Teknologi, Hubungan karyawan, Administrasi, HR Program, Manajemen kerja, dan HR Kebijakan & prosedur
6.      Diutamakan memiliki kendaraan pribadi
7.      Pekerja keras, teliti, dan bertanggung jawab

Silahkan kirim cv anda / datang langsung ke :
monica@globalprimes.com, recruitment@globalprimes.com
Gd. Palma One, Lt. 13  R. 1308, Jl. H.R.Rasuna Said Kav.X-2 No. 4
Jakarta Selatan / PO BOX 4277 JKTM 12700
Telp 021 71220648 – 522 8286 / UP  : Ibu Monica

Jumat, 28 Juni 2013

Tips Membuat nilai perusahaan meningkat 3 kali

Pak Budi adalah mantan CEO PT. Sari Husada yang berhasil membuat nilai perusahaan itu meningkat 3 kali lipat dalam waktu hanya 3 tahun.

Ilmu "how to" yang praktis dari orang yang pernah melakukannya adalah ilmu yang langka dan harus dikejar.

Berikut ini adalah tips-tips dari Pak Budi yang dikutip dari Twitternya:

@BudiIsman: 1. Nilai perusahaan di industri dn Category yg tumbuh lbh baik dari pada yg stagnan apalagi menurun

@BudiIsman: 2. Pertumbuhan sales saja tidak cukup, harus "sustainable growth". Sales yg model YO YO tdk disukai investor

@BudiIsman: 3. Marketshare yg besar akan menarik. Tapi kemampuan untuk merebut marketshare akan berharga

@BudiIsman: 4. Brand dan paten sgt bernilai. Umumnya nilai brand akn lebih besar dari tangible asset APPLE, GOOGLE, COKE 

@BudiIsman: 5. Struktur biaya yg tdk efisien bernilai rendah. jaga biaya tetap. Benchmark biaya dgn kompetitor juga

@BudiIsman: 6.Cash Flow adlh darah perusahaan. Cash flow positif lebih bernilai. Cashflow ngtif msh ok dlm masa investasi

@BudiIsman: 7. Profit margin/tgkt keuntungan akan bernilai tinggi. Hrs ada benchmark dgn industri dn kompetiror

@BudiIsman: 8.Kwlitas manajemen dan SDM akan meningkatkan nilau perusahaan. Usaha "auto pilot" lebih disukai investor

@BudiIsman: 9.Jgn lupa bereskan legalitas usaha dan admin keuangan. Data keuangan yg tdk baik akan menurunkan nilai

@BudiIsman: 10. Potensi usaha masa depan sangat berarti bagi investor. Buat bus plan yg bisa gambarkan potensi masa dpn

Ke sepuluh poin di atas ibarat "tombol" yang harus jadi prioritas para pebisnis untuk dipencet atau dikejar.

Ada perusahaan yang sudah berbisnis puluhan tahun tapi nilainya stagnan atau menurun.

Ada perusahaan yang baru berusia seumur jagung tapi nilainya langsung melejit.

Yang membedakannya adalah perusahaan yang baru seumur jagung itu tahu "tombol" apa yang harus dipencet.

Sabtu, 22 Juni 2013

Jika uang bulanan di dompet kita bisa berbicara

Jika uang bulanan di dompet kita bisa berbicara, niscaya mereka selalu berdebat kemana seharusnya uang-uang itu dibelanjakan saat ini. Bagi sebagian besar orang, income bulanan yang tetap, spending yang sudah terdaftar, sulit memberikan ruang untuk terjebak melakukan impuls buying. Kalaupun terjadi, kartu kredit adalah dewa penolong untuk keinginan bisa terwujud. 
  
Contoh perang di dompet kita, bisa dilihat di bulan juni ini. Ketika kebutuhan sekolah, liburan, persiapan Ramadhan, mudik dan Lebaran, harus bisa dicover oleh 2 bulan gaji Juni – Juli dan THR satu kali gaji pokok. 4 tahun kedepan makin sulit kita membagi uang di dompet. Ditambah dengan kenaikan harga-harga, BBM, listrik, makin serulah perdebatan uang dalam dompet kita. 
  
Share of Wallet is the percentage ("share") of a customer's expenses ("of wallet") for a product that goes to the firm selling the product. Different firms fight over the share they have of a customer's wallet, all trying to get as much as possible. 
  
Terjemahan ngawurnya sbb: Share of Wallet adalah prosentase pelanggan membagi pengeluarannya untuk berbagai produk/jasa yang dijual produsen dan penyedia jasa. Berbagai perusahaan berperang merebutkan bagian dari dompet pelanggannya. Dan semuanya berusaha mendapatkan bagian dari dompet pelanggan sebanyak mungkin. 
  
Mengambil contoh dari data Indonesia Market Outlook 2011 (Nielsen), orang kelas menengah Jakarta membagi uang didompetnya setiap bulan sbb: 
  
31.37 %           - untuk makan 
16,01 %           - untuk pendidikan 
11,03 %           - bayar asuransi 
10,23 %           - transportasi 
8,08 %             - buat beli baju 
6.26 %             - buat telpon sms BB dan internetan 
5,69 %             - buat rumah 
4.65 %             - listrik 
3,11 %             - kesehatan 
3,56 %             - lainnya. 
  
Tetapi data diatas bisa tidak berlaku hari ini karena serunya perang di dompet kita yang sudah mengacaukan prosentase-2 tersebut. 
  
Lalu bagaimana bisa produk kita dan perusahaan kita bisa memenangkan perang di dompet pelanggan ? Jawaban ngawurnya kira-kira berikut. 
  
1.      CRM wajib hukumnya. Banyak yang sudah tahu CRM (Customer Relationship Manegemnt), tapi ngga serius menerapkannya. 
  
2.      Release produk baru yang memang selalu dibutuhkan pelanggan kita. Bukan me-release produk baru untuk pelanggan baru. 
  
3.      Bangun Share of Mind lebih kuat di benak pelanggan kita, melalui berbagai aktivitas marketing dan branding. 
  
4.      dan masih banyak lagi ….cari sendiri yaa …. 
  
Ok, met week-end .... Keep Fighting to Win Share of Wallet 
  
Salam sukses 
Rosihan 

Kamis, 20 Juni 2013

parodi kenaikan bbm


Various Job Vacancies at PT. SATO Teknik

An Indonesian National Company in natural gas engineering downstream business, currently are appointed as Project Management Consulting for EPC of Compressed Natural Gas (CNG)  Station of National Oil Company as project owner. We are inviting experienced and well-qualified professionals to be placed in Jakarta, on the following roles:
 
1)     Project Manager
The Project Manager will be in charge to manage the project with respect to engineering, scope of work, budget, schedule, quality, safety, legal and personnel issues through all the project phase and in accordance with the corporate policies, standards and project objectives.  Prepare and submit budget and project plans for senior management approval.  Monitor and report the progress of the project, coordinate the project with client and keep control of the project budget expenditures as required.
Job requirements:
·         Bachelors Degree in Industrial Management/Engineering.
·         At least 10 - 15 years of proven experience as a Project Manager in the Oil and Gas, Petrochemical or Industrial Gas Industry.
·         Excellent interpersonal skills and the ability to work under pressure is required.
 
2)     Mechanical/ Piping Engineer
Mechanical/ Piping Engineer, reporting to the Project Manager, will be responsible for activities in support of the design and development of major power station related plant/ system and associated equipment mechanical design. 
Job requirements:
·         Bachelors Degree in Industrial Mechanical & Piping Engineering,
·         At least 5 years of experience in a solid Mechanical and Piping design and implementation industrial environment in the Oil and Gas, Petrochemical or Industrial Gas Industry.
 
3)     Rotating Engineer
Rotating Engineer, reporting to the Project Manager, will provides support and expertise for project throughout all of the engineering phases of the project, including commissioning and start up, conceptual design, construction, detailed design and front-end engineering.
Job requirements:
·         Bachelors Degree in Mechanical Engineering.
·         At least 5 years of experience as Rotating Engineer in the Oil and Gas, Petrochemical or Industrial Gas Industry.
 
4)     Instrument Engineer
Instrument Engineer, reporting to the Project Manager, will participate in basic and detailed designs, supervise equipment installation, participate in plant commissioning and start-up activities, including perform field, design troubleshooting and problem-solving.
Job requirements:
·         Bachelors Degree in Electrical/ Physical Engineering.
·         At least 5 years of experience as Instrument Engineer in the Oil and Gas, Petrochemical or Industrial Gas Industry.
 
5)     Electrical Engineer
Electrical Engineer, reporting to the Project Manager, responsible for monitoring of electrical engineering design activities, schedules and budgets, reviewing the general electrical equipment specifications and ensuring all design, drawings and specifications of the engineering contractor meet quality and safety standards, as well as applicable laws and regulations.
Job requirements:
·         Bachelors Degree in Electrical Engineering.
·         At least 5 years of experience as Electrical Engineer in the Oil and Gas, Petrochemical or Industrial Gas Industry.
 
6)     Civil Engineer
Civil Engineer, reporting to the Project Manager,  provides expertise for early project all the way through all of the engineering phases, including commissioning and start up, conceptual design, construction, detailed design and front-end engineering.
Job requirements:
·         Bachelors Degree in Civil Engineering.
·         At least 5 years of experience as Civil Engineer in the Oil and Gas, Petrochemical or Industrial Gas Industry.
 
7)     Health and Safety Environmental Engineer
HSE Engineer, reporting to the Project Manager, responsible to ensure HSE policies/ guidelines and programs are being implemented successfully through proper and effective risk assessment and control measures, safe operating procedure (SOP) development and deployment, HSE audit & inspection and HSE data updating and performance monitoring & review.
Job requirements:
·         Bachelors Degree in Chemical Engineering.
·         At least 5 years of experience as HSE Engineer in the Oil and Gas, Petrochemical or Industrial Gas Industry.
 
8)     Project Controller
Project Controller, reporting to the Project Manager, will provide project support within a large scope. Responsible for provision of a professional and proactive project planning/ control/ business support service to the Team or Project Manager and other staff as required.
Job requirements:
·         Bachelors Degree in Civil Engineering.
·         At least 5 years of experience as Project Controller  in the Oil and Gas, Petrochemical or Industrial Gas Industry.
 
9)     Document Control/ Administration
Document Control/ Administration will responsible for administrative duties such as paperwork and updating excel spreadsheets. Maintain tracking/ action logs and produce reports to document progress and closure of time sensitive project documentation.
Job requirements:
·         Diploma Degree in Administration/ Secretarial.
·         At least 5 years of experience as Document Control/ Administration.


To be placed in Jakarta.
If interested, please send your application, including your most recent resume and recent photograph, stating your current and expected salary to: hrd.sato@gmail.com (Before July 20th).
ONLY SHORTLISTED CANDIDATES WILL BE CONTACTED FOR FURTHER SELECTION PROCESS.

Gagal regenerasi menjadi salah satu faktor risiko perusahaan menjadi bangkrut.

Karena SPO merupakan salah satu tool kunci keberhasilan regenerasi yang baik. Kenapa demikian? Karena inilah awal darikeberhasilan pendelegasian pekerjaan dalam perusahaan.

SPO disusun berdasarkan kebijakan yang dimiliki perusahaan, kemudian di level bawah ada petunjuk teknis operasional (PTO). PTO yang sederhana dapat berupa juklak yang menjadi panduan kerja harian setiap pegawai. Jadi secara hirarki seperti ini : Kebijakan - SPO - PTO.

Bayangkan kalau perusahaan anda sudah memiliki ketiga komponen policy diatas dan seluruh pegawainya memahami ketentuan tersebut, sebagai pemilik perusahaan anda bisa create perusahaan baru lagi tanpa khawatir perusahaan tidak jalan. Artinya, regenerasi relatif lebih mudah dilakukan jika policy perusahaan disiapkan dengan baik.

Beberapa perusahaan UKM bangkrut dan nyaris bangkrut yang saya amati mereka menjadi bangkrut karena :

1. Pendiri perusahaan meninggal (harusnya perusahaan tetap bisa dijalankan oleh orang lain)

2. Pendiri perusahaan kabur membawa uang pencairan kredit (seharusnya tetap bisa jalan oleh pegawai level pelaksana, krn kreditur biasanya mau restrukturisasi kredit utk menyelamatkan uangnya)

3. Pendiri perusahaan ekspansi ke bidang usaha lain tanpa mempersiapkan generasi penerusnya di bidang usaha sebelumnya.
4. Dll

Bisa kita bayangkan, betapa sayangnya disaat banyak orang ingin mendirikan perusahaan, sementara mereka yg usahanya sudah jalan tiba2 bangkrut hanya karena tidak mempersiapkan generasi penerusnya.

Yuk persiapkan policy perusahaan kita dengan baik.


Hadi Susanto

Minggu, 16 Juni 2013

Strategi Online + Offline Yang Kereen :


Enaknya menjalankan bisnis start up dengan online karena minim modal. Kemudian dikembangan dgn brand dan dijual lebih mahal di toko offline. Berikut kombinasi strategi online dan offline yang saya sadur dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat bagi yang ingin mengawinkannya.

1. SEO Web Utama
2. SEO Blog Dummy
3. SEO Artikel di WEB 2.0
4. SEM adword
5. Sesekali mencoba iklan banner detik
6. Penjualan lewat Forum : Kaskus
7. Penjualan lewat Sosmed FB
8. Social signal (Like button dari FB, Twiiter, G+)
9. SEO Youtube
10. Penjualan lewat Marketplace : Tokobagus
11. Posting konten bermutu bagi WEB & Social Media
12. Mempunyai admin penjualan yang readi selama jam kerja
13. Melakukan pelayanan yang cepat. Tranfer hari ini, kirim hari ini
14. Pameran produk secara gratis melalui PKBL BUMN
15. Bergabung dengan komunitas bisnis utk curhat & konsultasi kendala
16. SMS Blast kepada konsumen tertarget
17. Iklan di tabloid tertarget
18. Menggunakan BB dan WA untuk penjualan
19. Membuat merk,mendaftarkan dan branding
20. Memasang papan reklame & MMT promosi untuk toko offline
21. Sharing ilmu dan pengalaman untuk teman-teman lain yang baru belajar.
22. Berbagi Kebahagiaan dengan orang lain : yatim dan fakir miskin
23. Hemat, menghindari membeli kemewahan dan investasi utk emas dan properti
24. Membuat sistem kerja : SOP tim kerja, alur kerja dan aturan kerja
25. Owner jangan terlalu bekerja operasional. Pikirkan cara memajukan bisnis.
26. Membuat produk baru secara kontinue yang sesuai selera pasar.

Kumpulan Tips dan Trik untuk Mendapatkan Beasiswa


Mendapatkan beasiswa  terutama untuk belajar ke luar negeri bukan hal yang mudah didapatkan. Tautan ini memberikan gambaran langkah-langkah apa saja yang seyogyanya dilakukan guna mendapatkan mimpi itu: Bagaimana Meraih Beasiswa untuk belajar di Luar Negeri?
Tautan ini Carilah Ilmu Sampai ke Negeri Tintin memberikan gambaran secara specifik mengenai perkuliahan di Belgia. Dari daftar universitas,  hingga side job.
Salah satu syarat yang sangat penting dan kadang menjadi kendala bagi pelajar dari Indonesia adalah motivation statement, dua tautan berikut memberikan illustrasi motivation statement yang diperlukan dalam proses screening beasiswa terutama untuk beasiswa program Master (S2): A Sample of MOTIVATION STATEMENT for Master Scholarship dan Another MOTIVATION FOR APPLYING FOR A SCHOLARSHIP Sample.
Tentunya setelah lulus Progam Master kita ingin meraih ke jenjang selanjutnya, berikut tipsnya: Tips untuk mengejar PhD, serta contoh surat lamarannya: Cover letter sample for a PhD position application.

Ragu karena sudah berkeluarga? Ingin membawa keluarga turut serta dalam masa perkuliahan di Luar Negeri? Baca tautan ini sebelum membuat keputusan: Tantangan membawa keluarga selama kuliah di Eropa.
Selamat berjuang kawan!

“Sebaik-baik manusia ialah yang paling banyak manfaatnya kepada sesama manusia”


Share tulisan yang mencerahkan... dari Mas Noval Ramsis
==========================================================

insyaLlah ini jadi manfaat untuk saya dan sahabat MIFTA.

Semua Manusia Sama Pentingnya
Ada sebuah cerita sederhana yang patut kita simak untuk memulai renungan kali ini. Adalah seorang Kiyai di satu pesantren menerima telepon dari Jakarta. Isinya, seorang pejabat akan mengunjungi pesantrennya.

“Kapan rencana kunjungan itu?” tanya pak Kiyai

Suara dari seberang sana menyebutkan tanggal dan jamnya.

“Maaf, pada tanggal tersebut pesantren sedang libur” jawab Kiyai.

“Mengapa kalau libur?” tanya sang penelepon.

“Kalau libur, ya sepi pak!” jawab Kiyai

“Tapi khusus pada hari kunjungan itu kan para santri bisa disuruh masuk?”

“Maaf pak, tidak bisa. Mereka sudah pada pulang kampung”

“Tapi kan bisa disuruh datang sehari saja, mengingat yang akan datang ini orang   

  penting lho..” kata sang penelepon sedikit ngotot..

“Wah, saya tidak bisa, Pak. Banyak dari mereka berasal dari luar kota, bahkan luar

daerah. Selain itu, liburan adalah milik serta haknya para santri. Maaf, saya tidak

  berani merampas hak mereka”

“Dengan wibawa Kiyai, mereka kan bisa diminta datang,” kata sang penelepon

dengan nada memaksa.

“Sekali lagi, maaf pak. Saya tidak sanggup. Kalau boleh tahu, sebenarnya yang mau ditinjau oleh beliau itu, pondoknya atau santrinya?”

“Memangnya kenapa?” Tanya sang penelepon agak emosi.

“Kalau yang ingin ditinjau itu pondoknya” jawab Kiyai setenang mungkin, “kapan saja kami senantiasa siap karena pondoknya selalu ada. Tapi kalau yang ditinjau itu para santri, maka nanti saja ya, kalau liburan sudah selesai”

“Saya tidak tahu santri atau pondoknya, karena yang datang bukan saya tapi beliau. Ingat pak Kiyai, beliau itu pejabat penting di negeri ini!” kata suara dari seberang sambil meletakkan gagang telepon secara kasar.



Kejadian seperti di atas barangkali sering kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Saking seringnya, kemudian kita menjadikannya sebagai sesuatu yang biasa. Saking biasanya, lalu kita menjadikannya sebagai satu pembenaran. Dari itu, kemudian terbentuklah cara pandang yang menganggapnya sebagai kelaziman bahwa dalam konteks cerita di atas: pejabat itu penting dan santri tidak penting sehingga liburannya harus dirampas.

Ketika hal ini telah dianggap sebagai sesuatu yang lazim maka jadilah ia sebagai karakter atau dalam bahasa agama sebagai “akhlaq” di mana Imam Al-Ghazali mengartikannya dengan “tabi’at yang tertanam dalam di ruang bawah sadar kita dan mengejawantah dalam bentuk tindakan yang mengalir begitu saja secara refleks, tanpa ada pertimbangan akal pikiran sedikitpun”.

Gerak substantif terbentuknya akhlaq di atas mirip dengan apa yang pernah disitir oleh Steven R. Covey dalam bukunya The Seven Habits for Teenagers, bahwa barangsiapa menanam pikiran, akan menuai perbuatan. Barangsiapa menanam perbuatan, akan menuai kebiasaan. Barangsiapa menanam kebiasaan akan menuai karakter. Dan barangsiapa yang menanam karakter, akan menuai nasib. Bisa jadi nasib (bagian hidup) bangsa kita ini masih saja terpuruk karena cara pandangnya yang dikotomik terhadap manusia: penting dan kurang penting. Dosen penting, mahasiswa kurang penting. Rektor penting, karyawan kurang penting. Direktur penting bawahan kurang penting, Presiden penting, rakyat kurang penting dan sejenisnya.

Padahal kalau anggapan dikotomik seperti ini muncul maka penghargaan terhadap manusia akan berubah dan keadilan pun mulai sirna. Akibatnya, sejarah kekalahan manusia oleh manusia lainnya kembali terulang. Banyak tragedi hilangnya kekuasan karena berangkat dari pandangan dikotomik seperti ini. Orde baru terjungkal karena penguasa lebih mementingkan diri dan meremehkan rakyatnya. Saat ini peristiwa yang sama terulang kembali di beberapa negeri belahan dunia. Tidakkah kita mengambil pelajaran dari tragedi sejarah yang terus berulang ini?



Tuhan menciptakan semua manusia sama pentingnya. Karena Allah telah membuatnya dengan penuh kesungguhan dan sebaik-baiknya, sebagaimana firman-Nya:

“Dialah yang menciptakan segala sesuatu dengan sebaik-baiknya dan Yang memulai penciptaan manusia dari tanah” (QS. As-Sajadah:7).

Namun, manusialah yang membeda-bedakan diri mereka berdasarkan kelas. Ada kelas penting. Ada kelas kurang penting. Bahkan ada pula kelas yang tidak penting. Ukuran penting-tidaknya seringkali ditentukan oleh jabatan, pangkat dan kekayaan. Kemiskinan sering dianggap sebagai kesalahan bahkan kehinaan. Walya’udzubillah…

Padahal di hadapan Allah SWT, jabatan, pangkat, golongan dan kekayaan bukanlah ukuran kemuliaan, sebagaimana Allah berfirman:

“Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal (QS. Al-Hujurat: 13).





Sebuah hadits shahih riwayat Bukhari dan Muslim menceritakan, ada sebuah masjid yang sering dikunjungi Nabi Muhammad saat bepergian. Tiap kali singgah, beliau bertemu dengan nenek tua yang sering kali membesihkan masjid itu, dan saling tegur sapa dengan ramah.

Suatu hari Nabi kembali singgah di masjid itu, namun beliau tidak menemukan nenek tersebut.

“Kemana nenek kita, saya tidak melihat?” Tanya Nabi.

“Owh, sudah meninggal beberapa hari lalu” jawab seorang jama’ah masjid.

Nabi terkejut mendengarnya, “Mengapa tidak seorang pun dari kalian yang memberitahu aku?”

Para sahabat menganggap tidak perlu menginformasikannya kepada Nabi karena yang meninggal hanyalah tukang menyapu masjid, sudah tua lagi. Padahal urusan Nabi sangat banyak. Nabi kecewa mendengar penjelasan itu.

“Kalau begitu, tunjukkan kepadaku kuburannya sekarang?” pinta Nabi.

Para sahabat menunjukkan kuburan nenek itu. Nabi lalu melakukan shalat gaib di sisinya.

Begitu tinggi Nabi menghargai nenek itu sampai perjalanannya tertunda demi ziarah ke kuburannya nenek tersebut. Secara fisik apa kelebihan nenek itu? Tidak ada. Ia tidak kaya, tidak pandai, sudah tua lagi. Namun Nabi sangat menghormatinya karena nenek itu memberikan manfaat besar kepada orang lain dalam bentuk menjaga kebersihan masjid. Itu dilakukan dengan penuh kesungguhan. Nabi pernah bersabda:

“Sebaik-baik manusia ialah yang paling banyak manfaatnya kepada sesama manusia”

Menghormati orang besar itu gampang. Tapi menghormati orang kecil itu perlu belajar. Lebih sulit lagi jika yang tumbuh di sekitar kita justru budaya menjilat ke atas dan menginjak ke bawah.. dan belajar menghargai orang lain bisa diawali dengan menganggap penting setiap orang.

Demikianlah, semoga renungan ini dapat menginspirasi kita untuk belajar menjadi lebih baik dan lebih baik lagi, ……..




--

salam OptimasiDiri
NovalRamsis dot com

Junior Producer English talk show program on Metro TV

URGENTLY NEEDED:

A Junior Producer level to help in the production of a running English talk show program on Metro TV. The show interviews globally-known and important public figures from all walks of life, to inform and inspire our discerning and quality audience.

We're looking for someone with:

1. Great passion to work for broadcast industry,
2. Excellent communication skill in English,
3. Minimum of 2 years of experience in broadcast or media/communication-related industry,
4. Minimum S1 or Bachelor Degree of any majors,
5. Design-graphic and/or video editing skill is an additional point,
6. A team player person, posses high motivation and positive attitude.


If you think you meet these criteria, please email us your CV directly to: lisamerie@gmail.com.



Lisa Parantean
Producer
Metro TV - Indonesia -

Kalau dunia berubah, mengapa kita masih tetap stagnan?

Hari minggu bagi sebagian orang adalah hari bersih-bersih. Termasuk saya mungkin. Sembari mengantar dan menunggu istri ada acara, saya keliling cari cucian mobil. Maksud hati sekalian menyelam, minum air.

Dan seperti di duga, antrian di cucian mobil panjang-panjang sekali. Kalau sekali nyuci saja bisa 30-45 menit dan antriannya 6 mobil, kapan selesainya. Akhirnya saya coba-coba muter-muter, kali aja ada cucian mobil yang lagi sepi. Dan alhamdulillah, ada! Sepi, saking sepinya, hampir nggak ada "tanda-tanda kehidupan".

Setelah tanya-tanya, ada orang (yang mungkin ownernya) bilang, "ada/bisa" cuci mobil disini (memang ada spanduknya sih). Agak mencurigakan juga, kenapa yang lain sedang di antriin orang, yang ini nggak.

Akhirnya satu persatu "rahasia"-nya terkuak... Yang nyuci disini cuma satu orang, sudah begitu terlihat kurang cekatan melayani saat saya datang, fasilitas menunggu kurang nyaman dan secara umum tampilan cucian mobil ini agak "kumuh", lebih mirip bengkel daripada cucian mobil.

Sahabat, ada kalanya usaha kita masih kecil. Tetapi alhamdulillah mungkin ia sedang dalam proses menjadi besar. Namun ada juga yang sudah bertahun-tahun, ya segitu-gitu aja. Enggak ada perkembangan.

Banyak faktor mungkin yang mempengaruhi, salah satunya adalah "improvement". Bagaimana kita bisa berubah, berinovasi untuk terus menjadi jauh lebih baik. Dan untuk bisa seperti ini kita harus banyak belajar, tidak pernah malu untuk mencari ilmu-ilmu baru demi memajukan usaha kita.

Berpuas diri dengan kemajuan masa lalu (betapa pun besarnya kita saat itu), adalah bahaya laten. Berpuas diri yang membuat kita terlena dan tidak aware, bahwa dunia berubah, konsumen berubah, kompetitor berubah adalah berbahaya.

Dalam salah satu buku lamanya Hermawan Kertajaya pernah menulis 4 faktor perubahan yaitu : teknologi, budaya, politik dan ekonomi. Kita harus selalu aware dengan 4 hal ini dan bersiap-siap beradaptasi dengan perubahannya.

Dalam konteks bidang yang sedang saya geluti, saya kadang menemukan ada beberapa pengusaha yang sulit diberi "enlightment" tentang pentingnya memperhatikan masalah desain tampilan marketing tools mereka. Bahasa yang digunakan masih sama : "menurut saya"... Pada masa lalu, apa yang "menurut saya" mungkin masih bisa diterima pasar. Tetapi sekarang, atau di masa depan, "menurut saya" bisa jadi tidak relevan lagi dengan "menurut konsumen".

Ada seorang pengusaha yang istrinya "keukeuh" mempertahankan desain kartu namanya yang sudah bertahun-tahun dia gunakan (dan dia desain sendiri), padahal desainnya agak kurang komunikatif. Bukan saja kurang menjual, tetapi bahkan orang lain sulit membacanya. (Bayangkan sebuah kata dengan font hitam di atas tulisan biru gelap).

Sementara ada pengusaha lain yang setelah 15 tahun berbisnis dan menggunakan logo lamanya, berkenan minta tolong ke kami dan mengubah logonya menjadi lebih "elegan".

Apa efek masing-masingnya? Mungkin tidak langsung terlihat. Yang jelas, sampai sekarang, perusahaan pertama terlihat masih sangat mengandalkan ownernya dalam pengembangan perusahaan. Sementara pengusaha kedua, dengan logo baru tersebut, ada spirit baru di kalangan karyawannya, sehingga mereka lebih "pride". Dan hal ini terasa pada klien-kliennya. Ujung-ujungnya tentu omset, dan pengusaha kedua itu terbantu semangat tim. Klien-kliennya juga menjadi semakin yakin pada perubahan semangat tersebut, sehingga mereka order lebih banyak (begitu pengakuan pengusaha kedua ini kepada saya).

Jangan biarkan ego pribadi kita membuat usaha kita tetap menjadi bonsai. Terkesan indah di mata, tetapi tak pernah besar. Mari lebih terbuka, menerima hal baru, metode baru, ide baru dari orang lain. Kalau dunia berubah, mengapa kita masih tetap stagnan?

Jika pun kita sekarang masih kecil, jangan minder. Sebab tentu berbeda, antara yang masih kecil dan yang "tetap kecil"...

Insya Allah dengan sikap-sikap positif, seperti keterbukaan, kreatif, pantang menyerah, sabar dan yakin, usaha kita akan besar suatu saat. (Dan bisa jadi pada sebagiannya, hal itu tinggal menghitung hari)...

Salam sukses sahabat-sahabat...


Hendro Tri Rachmadi

Tips Mengubah Strategi menjadi action

Dalam konteks manajemen stratejik, seringkali orang bilang bahwa strategi banyaknya dipegang oleh para top manajemen dalam suatu perusahaan yang hanya menurunkannya dalam bentuk buku atau tulisan yang dibuat dan kemudian diserahkan kepada manajemen di bawahnya sampai level staff.

Selanjutnya adalah menjalankannya dan para top manajemen mengawasi action dari rencana stratejik tersebut.

Memang seperti itulah peran seorang top manajemen dalam suatu perusahaan yang memegang peranan stratejik dan tidak turun ke lapangan dalam arti menjalankan day to day operation dalam perusahaan.

Akan tetapi, apa yang harus dilakukan agar bawahan menjadi mengerti dan mampu mengukur capaian atas target pekerjaan yang harus dicapai. Salah satu tools yang bisa digunakan adalah Balanced Score Card yang sudah biasa digunakan oleh banyak perusahaan besar dalam sistem manajemen mereka selain sebagai alat ukur kinerja perusahaan dan manajemen tersebut.

Balanced Score Card ini memberikan penilaian atas kinerja keuangan dan kinerja non keuangan suatu perusahaan dalam mencapai tujuan perusahaan mereka setiap tahun. Kinerja non keuangan tersebut terdiri dari pemasaran, operasi dan SDM dan IT dalam melihat kinerja perusahaan yang selama ini hanya menekankan pada aspek keuangan.

Dalam kerangka bagaimana membuat strategi tersebut menjadi action, dalam setiap perspektif keuangan, pemasaran, operasi dan SDM dan IT dapat dilihat bagaimana tujuan (objective), alat ukur (measurement), target yang hendak dicapai (target) dan program (initiative) untuk mencapai target tersebut.

Jadi, dengan pemahaman dan aplikasi Balanced Score Card ini akan membantu top manajemen dan level manajemen untuk bekerja dan mengukur kinerja mereka.

Semoga Bermanfaat...

Silahkan dapatkan tips2 manajemen bisnis lainnya di : http://gimbfoundation.org/
*Update setiap hari....

Salam Bipoz!


Agus Santoso

Business Proses

Business Proses adalah bahasan para profesor, baik itu formal ataupun informal, diperlukan keilmuan dan pengalaman yang tinggi untuk membuat strategi Business Proses Management. Oleh karena itu, saya hanya akan mencoba  meng-copy lalu mengkorelasikan dengan kegiatan bisnis yang sering saya alami dan teman-teman para pebisnis pemula.

Prinsip pertama yang akan kita pelajari bersama  adalah Mindset/ Pola Pikir Efektif-Efisien
Kata-kata ini begitu populer. Namun bagaimana dengan pelaksanaannya?

Efektif-efisien terhadap cost seringkali  kurang difahami.  Kerangka berfikir efektif efisien dalam membuka usaha baru seringkali diabaikan.
“ Our business is technology, yes! But also operation and costumer relationship”
Padahal perusahaan besar sangat peduli mengenai hal ini, karena akumulasi dari kecerobohan cost akan menjadi kerugian luar biasa dan menjadi bom waktu yang mematikan.

Berikut hal yang sering dijumpai dalam proses business :
1. Membeli bahan baku di supermarket atau minimarket, mengabaikan harga yang lebih murah dari pasar tradisional.
2. Melakukan pembelian retail sehingga harga menjadi mahal. Padahal dengan pembelian banyak akan lebih murah.
3. Tidak memiliki dana untuk membeli bahan secara massal (agar lebih murah) dikarenakan banyak dana dikeluarkan untuk set-up hal yang “mewah”.
4. Mendahulukan gengsi dibandingkan kesehatan usaha.
5. Tidak mau lelah, sehingga hambur merekrut pegawai.
6. Keuangan yang tidak tercatat rapih.
7. Ditandai omzet bagus tapi keuntungan tidak jelas lari ke mana.
8. Penghitungan penentuan harga yang tidak aman, sehingga rawan bila terjadi kenaikan bahan baku.
9. Mental menghamburkan uang yang tidak berhubungan langsung dengan proses usaha.
10. Merubah gaya hidup menjadi  boros ketika merasa ada peningkatan keuntungan walau sedikit.
11. Dan banyak lagi.
Sudah ada yang angguk-angguk ?

Efisien-efektif terhadap cost merupakan hal  penting. Ketika kita memahami kerangka berfikir efisien-efektif, beberapa bagian dari proses bisnis akan membaik.

Berikut beberapa hal yang saya pelajari dan berdasarkan pengalaman, yang bisa kita lakukan untuk memperbaiki kefahaman kita terhadap efektif-efisien cost terhadap business proses :
1. Perketat pengeluaran uang terhadap sesuatu yang tidak menghasilkan uang.
2. Menahan diri dari sikap boros dan gaya hidup berlebihan.
3. Tentukan output yang jelas, jaga ketat proses, perencanaan yang baik untuk mengurut list input yang dibutuhkan.
Siap untuk mencoba ?

Dapatkan tips2 bisnis lainnya; entrepreneurship, management strategic, manajemen, dll... rutin tiap hari update.. di website kami : http://gimbfoundation.org/
 

Becoming Real Human

Becoming Real Human

By: Adang
Adha

“Menjadi Manusia kodratnya adalah berbudi luhur, ketika seseorang tidak berbudi luhur
maka ia belum menjadi manusia”
(Adang Adha)  

Dalam
struktur otak manusia ada bagian yang bernama cortex pre frontal (CPF) yang
letaknya ada di atas tengah otak manusia. Bagian ini adalah bagian khasnya otak
manusia, dengan kata lain tidak ada hewan yang memiliki bagian ini selain
manusia. Struktur otak simpanse yang paling mirip dengan struktur otak manusia
pun tidak memiliki bagian ini. CPF ini berfungsi mengatur fungsi dan perilaku
perilaku luhur manusia seperti estetika, moral judgement, hubungan sosial yang
baik, kreatif dan inovatif, berfikir benar, cinta dan kasih sayang yang tulus,
kesadaran dan pengendalian diri serta fungsi luhur manusia lainnya.
Di artikel
ini saya akan membahas bagian kesadaran dan pengendalian diri sebagai fungsi
luhur manusia, sisanya akan dibahas kemudian
Dalam aliran
aliran ilmu psikologi freudian ada namanya konsep Id Ego dan Superego,
psikologi behavior dikenal dengan pengkondisian, humanistik ada konsep
aktualisasi diri dan di psikologi transpersonal ada namanya inti kepribadian
atau real ego. Benang merah dari semua aliran untuk menjadi manusia yang sehat
manusia perlu menguatkan ego, mampu memilih respon yang terbaik , menjadi
teraktualisasi, dan berfikir melalui inti kepribadian. Kesemua aktivitas
tersebut memicu fungsi CPF aktif.

Manusia
dengan CPF yang senantiasa aktif mampu memilih respon yang tepat terhadap
stimuli, karena sadar akan pilihan responnya ia bertanggung jawab penuh dari
konsekuensi responnya. Nah jika ada individu yang lari dari tanggung jawab atas
perilaku seperti menyalahkan individu lain atau keadaan, melakukan pembenaran
atau mencari cari alasan agar tidak mendapat konsekuensi perilaku-perilaku
tersebut bukan dikendalikan oleh CPF namun dikendalikan oleh bagian yang
mengatur emosi (amigdala) dan respon fight or flight dari otak reptil manusia.
Bagian ini yang nantinya memberi perintah ke otak depan atau bagian yang
memproses pikiran untuk berfikir mencari alasan, pembenaran atau menyalahkan individu
lain atau lingkungan. Disini pikiran sudah dikuasai sepenuhnya oleh perasaan
dan fungsi CPF tidak menyala pada saat itu. Dan bisa dikatakan manusia pada
saat itu belum menjadi manusia.

Coba saja,
jika anda menghadapi individu yang selalu mencari alasan, pembenaran atau
menyalahkan lingkungan respon apa yang seketika muncul dalam diri anda? Apakah
fungsi emosi seperti kasihan, kesal, marah, dan emosi lain atau fungsi memahami
dan respek?   
individu yang
melatih CPF nya aktif dan menyala akan mampu mengelola emosi dan pikirannya
sendiri. Jadi CPF tidak menafikkan emosi namun mengelolanya dengan tepat. misalnya
ketika diperlukan marah maka individu yang CPF nya aktif akan marah pula, namun
marahnya disesuaikan dengan kadar tertentu, pesan tersampaikan dan marahnya
sudah punya tujuan ahir yang membangun serta mau sudah memprediksi dan menerima
konsekuensi apapun yang akan muncul kelak jika ia marah. Individu ini tidak
dukuasai marahnya namun menguasai marahnya.

Individu yang
tidak mampu mengelola marahnya baik sangat pemarah, ngamuk dan berbicara kasar
ketika marah ataupun tidak bisa marah karena banyak pertimbangan tertentu
sehingga memendam marahnya fungsi CPF nya tidak aktif. Dan ini tentu tidak
sehat untuk jiwa manusia. 

Contoh lain
seperti sedih misalnya, individu yang CPF nya senantiasa aktif juga bisa sedih,
mampu  menghayati kesedihannya, tidak menolah
perasaan sedihnya namun dengan segera move on atau bangkit lagi menjadi sedia
kala. Individu yang depresi, sedih berkepanjangan, trauma kehilangan adalah individu
individu yang tenggela dalam kesedihan dan segala pikirannya dikuasai
sepenuhnya oleh kesedihan. Jika ditelaah lebih mendalam fungsi seorang terapis
atau konselor dalam sesi psikoterapi atau konselingnya adalah mengaktifkan
kembali fungsi CPF nya dengan membenarkan cara berfikir atau mengelola emosinya
dengan benar.  tujuannya adalah memiliki
kesadaran akan emosi dan pikiran serta memiliki kendali atas keduanya sehingga
klien mampu berespon dengan tepat terhadap masalahnya setelah selesai sesi
terapi atau konseling.

Pengetahuan
ini melengkapi pemahaman saya tentang jiwa manusia menurut Islam waktu kuliah
di fakultas Psikologi UIN Syahid.  Dimana
saya bersentuhan dengan konsep Islam dalam memandang manusia. Dijelaskan bahwa
manusia memiliki Qalbu tempat bersemayamnya Allah dalam diri manusia. Qalbu
Sendiri berasal dari kata Qolaba dalam bahasa indonesianya artinya bolak balik.
Maka manusia perlu melatih Qalb nya agar selalu ingat kepada tuhan dengan kata
lain selalu aktif.  Disisi lain dan
struktur manusia menurut pandangan Al Quran yang disarikan oleh beberapa
tokoh-tokoh islam. Dalam diri manusia selanjutnya ada yang namanya fungsi nafs
(aspek psikis). Dan jika Nafs didominasi oleh dorongan hewani manusia maka  Nafs akan menjadi Nafs Amarah (jiwa yang
resah) ini adalah kondisi manusia didominasi oleh keinginan fisik dan emosi,
sebaliknya jika Nafs di dominasi oleh Qalbu maka Nafs akan menjadi Nafs
Muthmainnah (jiwa yang tenang) ini adalah kondisi manusia mampu mengatur semua
kebutuhan dan dorongan dan memiliki pemaknaan yang kuat terhadap tujuan dari
semua perilaku yaitu ibadah kepada Tuhan.

Terima kasih
untuk Dr. Amir Zuhdi  untuk diskusi
neuroscience and behavior nya, kang Hanna Djumhana untuk diskusi tasawuf dan
psikologi di komplek UI Ciputat, Kang Asep H Gani untuk diskusi diskusi
psikoterapi, mas Abdul Mujib  untuk
diskusi psikologi islamnya. Sungguh ini merupakan pelengkap puzzle pemahaman
saya tentang manusia dan saya beruntung memiliki kesempatan untuk
mengumpulkannya dengan anda semua.

Salam hangat


Adang Adha       
0813 8861 9998

Kamis, 13 Juni 2013

Electrician PT GEOSERVICES

PT GEOSERVICES is a limited company (Ltd.) and 100% owned by Indonesian citizen, PT Geoservices has a solid base of expertise covering all aspects of the exploration and development of Indonesia 's oil, gas, coal, mineral, and geothermal industries. Originally providing field sampling and chemical analysis for the mineral industry, PT GEOSERVICES has diversified its services and broadened its clientele. 

As part of our business expansion in Indonesia , we are seeking highly qualified professionals to fill in position listed below :

Electrician


Responsibilities:

Responsible to carry out planned and unplanned maintenance, modifications of the existing electrical facilities as required, to keep high availability of every critical electrical equipment
Prepare submersible motor control panel for new wells and additional wells and ensure availability of power to maximum production.
Trouble shoot any problem of electrical system, for improvement of electrical system and operations. Confirm well Down Hole Problem
Requirements:

MinimumSenior High School(SMU) or Technician High School (STM) graduate
Minimum 2 years experience in oil & gas operation
Able to read and understand detailed fabrication drawings, and work according to them
Good English skill is needed (read and write)
Understand QHSE regulations and good safety behavior
Willing to be stationed on off-shore facilities with roster schedule
Please Send your cv to rifky.anugrah@geoservices.co.id atau rifky893@yahoo.com

Senin, 10 Juni 2013

Dijual Rumah tingkat Murah di Malang Jawa Timur

RUMAH DIJUAL: Jual Rumah Perumahan Araya Pondok belimbing Indah malang Jatim

Pondok Blimbing Indah Blok J-7 Nomer 12 A kota Malang
Akses jalan :
deket terminal arjosari
10 menit ke jalan tol
depan komplek ada pom bensin pertamina
Malang

Rp. 2.600.000.000

Sertifikat Hak Milik

Kamar tidur: 7
Kamar mandi: 4
Kamar pembantu: 1
Garasi: 2 mobil
Luas tanah: 300
Luas bangunan: 275
Berapa lantai? 2 lantai 

Perumahan Araya Pondok Blimbing Indahdengan fasilitas perumahan (kolam renang, lapangan golf, sekolah, cafe, mall araya, tempat meeting, hall)

alamat lengkap : Pondok Blimbing Indah Blok J-7 Nomer 12 A kota Malang
Akses jalan :
deket terminal arjosari
10 menit ke jalan tol
depan komplek ada pom bensin pertamina


LT : 300 M2

LB : 275 M2
rumah 2 lantai

7 kamar tidur, 1 kamar tidur utama
4 kamar mandi
garasi 2 mobil
Dijual dengan sebagian furniture di dalamnya

Harga : 2,6 M (NEGO)
CP : Riki Joe / hadi 02141747640/ 08156617176





Berapa line telepon? 1
Listrik: 5000 kwh watt
Genset: jet pump
Kolam renang: ada
Apakah mobil masuk? masuk
Bebas banjir? ya

Jual Rumah Siap Huni di dekat Masjid Limo Depok

RUMAH DIJUAL: Jual Rumah Siap Huni di dekat Masjid Limo Depok

lokasi 100 meter dari masjid kelurahan Limo pas tanjakan. 500 meter dari pintu tol CIJAGO, lokasi sangat strategis
Depok

Rp. 450.000.000,00

Sertifikat Hak Milik

Kamar tidur: 2
Kamar mandi: 1
Kamar pembantu: 1
Garasi: 1
Luas tanah: 120
Luas bangunan: 100
Berapa lantai? 1
Bangunan menghadap: Utara 

Luas 120/100, 2kamar tidur, 1 kamar mandi, 1 kamar tidur pembantu, ada IMB, SHM, dekat jalan raya Limo, dekat SDN, SMAN 6 Depok, 15 menit ke jakarta, 20 menit ke margonda. dekat rencana pintu tol cinere jagorawi
air jet pump, listrik 1300 watt.

Harga 450 juta nego pemilik bpk doddy.
berminat serius sms ke 02141747640/ email hadis97@gmail.com



Berapa line telepon? 1
Listrik: 1300 watt
Genset: -
Sumber air: jet pump
AC: 1
Pemanas air: 1
Kolam renang: ada
Sambungan Internet: ada
Apakah mobil masuk? bisa
Bebas banjir? bebas banjir